Langsung ke konten utama

Citarasa Kuliner Ayam Ingkung Mbak Sri


Sudah pernah mencicipi kuliner ayam ingkung ? Apa itu ayam ingkung ?
Ingkung adalah ayam yang dimasak dan disajikan secara utuh. Biasanya dalam tradisi ritual jawa, ingkung menjadi bagian sebagai "Ubo Rampe" atau disebut sebagai kelengkapan untuk persembahan/sesaji.

Salah satu tempat kuliner yang menyajikan ayam ingkung adalah Ayam Ingkung Mbak Sri. Berlokasi di daerah Bedingin, Sumberdadi Sleman Jogjakarta ini menawarkan citarasa kuliner tradisional ayam ingkung yang tidak kalah lezat juga. Let's dig in!

 

Dari segi lokasi tempat ini cukup luas dan dapat menampung kurang lebih 60 orang dan memiliki parkiran yang luas. Buka mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam ini siap melayani penikmat kuliner ayam ingkung.

Mencapai lokasi ini cukup mudah sekali yaitu dari arah perempatan jalan Magelang langsung aja belok kiri masuk kearah Terminal Jombor kemudian ikuti terus saja sampai ketemu pohon beringin lalu belok kiri. Kemudian nanti akan menemui perempatan pasar Cebongan yang ada tugu kecil di tengah perempatan dan lanjut lurus saja ke arah barat sampai kurang lebih 2km nanti berada di kiri jalan ada plang logo Ayam Ingkung Mbak Sri cukup besar. NAH! Sudah sampai...




Berhubung perut sudah laper berat langsung aja order ayam ingkung utuh buat lunch kali ini. Ayam ingkung utuh ini ternyata cukup besar juga jadi cukup untuk 6 orang lah jadi ntar bisa dipotong-potong jadi beberapa bagian. My favorite jelas bagian kepala ayamnya hahaha... ENAK BANGET!


Selain disajikan dalam bentuk basah, ayam ingkung juga dapat disajikan dengan digoreng. Sama lezatnya.. Buat pendamping makan ayam ingkung utuh ini paling pas order juga tahu/tempe goreng, tumis kangkung, sup ayam kampung, dan paling wajib jelas sayur asem biar gak seret kalo makan hehehe.




Yang unik di sini adalah sambelnya. Setiap pemesanan ayam ingkung utuh akan disajikan bersama lalapan sayur dan tiga jenis sambel. Apa aja ? ada sambel dele, sambel bawang, dan sambel terasi... PEDAS HUHAH!


Setelah menikmati sajian fantastis ayam ingkung dengan tandas licin, saya berkesempatan mengunjungi dapur pembuatan ayam ingkung ini oleh mas Dean Sautama (@deansautama) selaku pemilik brand Ayam Ingkung Mbak Sri ini.


Sempat dibuat takjub ketika mengunjungi dapur pembuatan ayam ingkung ini. Semuanya serba jadul alias tradisional banget, menggunakan dapur tungku yang sistem pembakaranya menggunakan kayu bakar. WOW!


Sambil keliling melihat dapur, mas Dean menceritakan mengenai sejarah kuliner ayam ingkung ini. Menurutnya ada bermacam cerita soal sejarah ayam ingkung. Ada versi ingkung berarti simbolisasi manusia yang sedang mekukung (posisi sujud) ada juga yang bilang versi ingkung itu perwujudan sikap suapaya manusia tidak meniru perilaku ayam jago. Loh kok bisa ?

Ingkung disini artinya ingkar. Ayam jago yang kita kenal memiliki beberapa perilaku yang tidak patut ditiru. Begitu bangun tidur ayam jago selalu berkokok dengan tujuan menunjukan kekuatan yang dia miliki untuk mencari mangsa yaitu dengan mengejar ayam babon hanya untuk pelampiasan nafsunya. Dan bila ayam jago bertemu dengan sesama ayam jago akan selalu bertarung sampai salah satu ayam jago terluka parah.


Tujuan ayam ingkung disajikan dalam suatu prosesi selametan/kenduri adalah sebagai perlambang bahwa kita sebagai manusia untuk tidak mengikuti (ingkar) apa yang dilakukan oleh ayam jago. Dalam ajaran jawa dikenal MO LIMO, yaitu suatu perbuatan dosa yang tidak boleh dilakukan.

Dosa MO LIMO :
1. Mabuk (suka minum alkohol)
2. Main (suka berjudi)
3. Madat (suka narkoba)
4. Madon (suka main perempuan)
5. Maling (mencuri)


Begitulah sedikit cerita dari mas Dean mengenai ayam ingkung, dan yang pasti ada tujuan arif dari nenek moyang kita dulu yang diwujudkan dalam sebuah konsep kuliner.


Untuk memasak ayam ingkung ini sebelum direndam dengan santan, ayam ingkung harus dibersihkan dan dikeluarkan jeroanya. Kemudian baru diberi bumbu bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, merica, pala, sereh daun salam. Kemudian di masak lama dengan santan kelapa yang kental sampai bumbu meresap dan membuat ayam menjadi empuk dan gurih. YUM!


Lokasi Ayam Ingkung Mbak Sri berada di Jalan Kebon Agung KM.6 Bedingin, Sumberdadi, Mlati Sleman Jogjakarta. Buka mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam. Lebih lengkap bisa klik map berikut >> Ingkung Mbak Sri atau bisa cek instagram mereka di @ingkungmbaksri

--------------
Taste : 8,5/10
Damage cost :
- ayam ingkung utuh IDR.110,000
- tahu tempe IDR.8,000
- tumis kangkung IDR.7,000
- sup ayam kampung IDR.10,000
- sayur asem IDR.7,000
- nasi putih IDR.2,500

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Mie Ayam Favorit Di Jogjakarta!

1. MIE AYAM BANGKA PAK APO

Sangat sulit emang mencari kuliner mie ayam bangka di Jogjakarta yang bener bener enak. Namanya Mie Ayam Bangka Pak Apo. Mie ayam ini khas dari bangka, yang membedakan dari mie ayam pada umumnya ialah adanya tambahan tauge rebus. Tauge nya ini menambah sensasi krenyes ketika memakan mie ini. Dari segi rasa, mie nya lembut dan kenyal. Kaldunya pun terasa sekali, nendang banget!Harus banget warung ini dimasukin di list kuliner kalian ya.

Spot Kulineran Pagi Ter-Favorit Di Jogja!

 WARUNG BRONGKOS HANDAYANIWarung Handayani buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore ini sudah lama berdiri sejak tahun 1975. Menu sego brongkos di warung ini ada brongkos koyor yang isianya pake daging sapi dan gajih sapi, dan ada juga brongkos telur yang isianya pake telur bebek yang sudah diungkep. Spot wajib banget buat sarapan pagi!Lokasi Brongkos Handayani ada di Jalan Gading No.2 sebelah Alun-Alun Selatan Jogjakarta. Lebih jelasnya bisa klik map berikut ini >> Lokasi Brongkos Handayani

Roaster And Bear | @roasterandbear

Namanya Roaster and Bear, ini coffeeshop pendatang baru yang lagi ngehits banget di Jogjakarta. Roaster and Bear ini sangat memperhatikan setiap detil interior ruangan. Perpaduan antara kayu dan besi plus ornamen-ornamen aksesoris pelengkap membuat interior ruangan seakan menjadi vintage / klasik. Cocok banget nih tempat buat foto-foto selfie, nge-date ama patjar or meeting bareng klien. Benar-benar instagenik abis nih tempat! *two thumbs up*