Langsung ke konten utama

Sate Karang Pak Prapto Kota Gede


Jalan-jalan lagi, kulineran bareng partner kulineran bernama bro Dandy Cahyo ( bisa follow loh IG: @fooddiscoverer ). Kali ini menuju daerah KOTA GEDE Jogjakarta yang dimana daerah ini terkenal dengan kerajinan peraknya. Eitss jangan salah daerah ini juga terkenal dengan kulinernya yang legendaris banget bernama SATE KARANG PAK PRAPTO. Cekidot...


Kenapa dinamakan Sate Karang?? Jadi begini...

Dahulu kala usut punya usut sate ini bukan berbahan dari batu karang or sejenisnya melainkan karena berlokasi di daerah Lapangan Karang Kota Gede. Sate karang ini berbahan dasar dari daging sapi dimana daging sapi ini merupakan bahan makanan favorit warga Kota Gede sejak tahun 1950-an. 


Master mind dibalik kuliner legendaris ini adalah Bapak Karyo yang mulai menjajakan sate sapi ini mulai tahun 1950 dengan cara berkeliling menggunakan pikul kayu. Mulai tahun 1955 Pak Karyo mulai berjualan (menetap) di lapangan Karang Kota Gede dari situlah mulai nama Sate Karang mulai rame dibicarakan. Kemudian sepeninggal Pak Karyo usaha sate karang ini dilanjutkan oleh Pak Prapto bersama anaknya Pak Tri Wahyono.



Sate Karang Pak Prapto ini menggunakan bagian otot sapi sehingga daging lebih terasa empuk dan lezat banget. Yang bikin unik adalah sate sapi ini tidak disajikan dengan nasi putih maupun lontong saja seperti sate pada umumnya tetapi disajikan dengan lontong sayur lodeh! WOW!


Selain menggunakan sambel kacang ada juga sate sapi dengan menggunakan sambel kocor yaitu racikan bumbu garam, gula merah, jeruk, bawang merah, dan bumbu ketumbar. Taste ? pertama kalinya nyoba enak banget bumbunya benar-benar ngresep banget! TOP!


Awalnya agak aneh aja makan sate dengan lontong satur lodeh tempe. Tapi bener banget kata bro Dandy ini bakalan bikin ketagihan katanya... hahahaha. YAP SAYA SUDAH KETAGIHAN! :)


Sate Karang Pak Prapto ini merupakan warung lesehan jadi tidak menyediakan kursi. Sate sapi disini dibandrol seharga IDR.30,000 /porsi. setiap porsinya ada 10 tusuk sate. Dan inilah menu makan menuju malam hari ini! Lets DIG IN!


Sehabis melahap habis sate sapinya jangan lupa santai sejenak sambil nge-wedang ronde. Ahh...sempurna! 


Lokasi Sate Karang Pak Prapto ini berada di Sekitar Lapangan Karang, Jalan Nyi Pembayun Kota Gede Jogjakarta. Mulai buka jam 5 sore hingga jam 11 malam.

--------------
Taste : 8,5/10
Damage Cost :
- Sate Sapi IDR.30,000
- Sate Kocor IDR.30,000
- Wedang Ronde IDR.5,000
- Teh manis IDR.2,000

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Mie Ayam Favorit Di Jogjakarta!

1. MIE AYAM BANGKA PAK APO

Sangat sulit emang mencari kuliner mie ayam bangka di Jogjakarta yang bener bener enak. Namanya Mie Ayam Bangka Pak Apo. Mie ayam ini khas dari bangka, yang membedakan dari mie ayam pada umumnya ialah adanya tambahan tauge rebus. Tauge nya ini menambah sensasi krenyes ketika memakan mie ini. Dari segi rasa, mie nya lembut dan kenyal. Kaldunya pun terasa sekali, nendang banget!Harus banget warung ini dimasukin di list kuliner kalian ya.

Spot Kulineran Pagi Ter-Favorit Di Jogja!

 WARUNG BRONGKOS HANDAYANIWarung Handayani buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore ini sudah lama berdiri sejak tahun 1975. Menu sego brongkos di warung ini ada brongkos koyor yang isianya pake daging sapi dan gajih sapi, dan ada juga brongkos telur yang isianya pake telur bebek yang sudah diungkep. Spot wajib banget buat sarapan pagi!Lokasi Brongkos Handayani ada di Jalan Gading No.2 sebelah Alun-Alun Selatan Jogjakarta. Lebih jelasnya bisa klik map berikut ini >> Lokasi Brongkos Handayani

Roaster And Bear | @roasterandbear

Namanya Roaster and Bear, ini coffeeshop pendatang baru yang lagi ngehits banget di Jogjakarta. Roaster and Bear ini sangat memperhatikan setiap detil interior ruangan. Perpaduan antara kayu dan besi plus ornamen-ornamen aksesoris pelengkap membuat interior ruangan seakan menjadi vintage / klasik. Cocok banget nih tempat buat foto-foto selfie, nge-date ama patjar or meeting bareng klien. Benar-benar instagenik abis nih tempat! *two thumbs up*