Langsung ke konten utama

Spot Kulineran Daerah Imogiri Bantul

SOTO DAGING SAPI GUMYAK KANG KASIDI
Spot pertama jalan-jalan di Imogiri. Warung soto yang sudah berjualan selama 30 tahun ini memang berbeda dengan kebanyakan warung soto lainnya karena menyediakan soto sapi dengan daun kemangi ini sebagai menu unggulanya.
Penggunaan daun kemangi ini terbilang sangat unik bahkan aneh kalo untuk soto. Biasanya daun kemangi hanya digunakan sebagai pelengkap lalapan atau bahan isian untuk nasi bakar. Tapi meurut sang empunya warung, penggunaan daun kemangi ini justru menambah rasa segar soto itu. Hmmm...
Seporsi soto sapi ini berisi nasi, toge, daging sapi, kobis, bihun, daun seledri kemudian disiram dengan kuah kaldu bewarna bening. Dan untuk daun kemanginya disajikan terpisah bersama lauk lainya seperti telur puyuh, tempe goreng, tahu bacem, dan sate usus ayam.
Secara porsinya cukup pas buat sarapan pagi dengan isian daging sapi yang cukup banyak dan teksturnya empuk banget! Dan baru tahu kalo dengan penggunan daun kemangi ini justru menambah segar rasa sotonya. Seporsi soto kemangi ini hanya dibandrol seharga 10ribu rupiah saja. Lehh uga nih soto kemangi ala Kang Kasidi buat dicoba. MUST VISIT!
Lokasi warung soto ini ada di Jalan Imogiri Timur Km.9 Imogiri Jogjakarta. Buka mulai dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore setiap harinya. Lebih jelasnya bisa klik map berikut >> Soto Sapi Kang Kasidi
HUTAN PINUS IMOGIRI
Spot selanjutnya jalan-jalan dulu samapi perut kembali laper lagi. Yak! Ini dia tempat paling hitz abis dan instagenik se-Jogjakarta raya : Hutan Pinus Imogiri!
Salah satu destinasi wisata di daerah Imogiri Bantul ini terbilang sangat rame banget. Karena selain gratis masuknya ( parkir bayar tapi ya ) sering banget digunakan sebagai tempat hunting foto, foto prewed, dan bahkan buat syuting film.

Dengan luasan area sebesar 500 ha memang memiliki daya pikat sendiri buat pecinta fotografi atau sekedar berdiam diri melepas penat ditengah ketenangan hutan pinus. Coba deh kalo kesini jam 7 pagi hawanya sejuk dan seger banget udaranya. Apalagi suasananya mirip banget ama yang ada di film The Twillight, ngeri-ngeri gimana gitu hahaha tapi keren abis tempatnya.
Buat yang lagi liburan di Jogja, wajib banget buat maen ke hutan pinus ini. Mayan tuh buat koleksi foto-foto profil or postingan di facebook, path, twitter or instagram :) 



Lokasi hutan pinus ini berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan di daerah Dlinggo Bantul. Lebih jelasnya bisa klik map berikut >> Hutan Pinus
TIWUL AYU MBOK SUM
Spot selanjutnya! Nah sehabis jalan-jalan ke hutan pinus tadi, belum lengkap rasanya mencicipi kuliner khas bantul : TIWUL. Kuliner ndeso yang wajib banget dicoba dan sayang banget kalo cuma dilewatkan.
Namanya Tiwul Ayu Mbok Sum. Tiwul ini bisa dibilang sebagai bahan makanan pokok pengganti beras. Jaman dulu sering digunakan pas masa penjajahan Belanda. Terbuat dari singkong dengan proses pembuatan yang cukup lama. Singkong dikupas dulu kemudian dijemur hingga kering menjadi tepung gaplek. Habis itu diulenin dengan air sampai jadi adonan trus dikukus deh sampai matang. Setelah matang biasanya tiwul ini disajikan dengan gula jawa sebagi perasa manisnya.
Di Tiwulnya Mbok Sum ini tersedia beraneka varian rasa juga loh seperti : gula jawa, gula pasir, keju, coklat, dan nangka. Harga satu box nya dibandrol mulai 4000 saja. Lokasi tiwul Mbok Sum ini masih berada di Jalan Mangunan Dlinggo Bantul. Gak jauh dari Hutan Pinus tadi. Wajib mampir!
WARUNG BUMI LANGIT IMOGIRI
Spot selanjutnya! Wajib...wajib banget mampir kesini buat makan siang atau sekedar santai sejenak. Namanya Bumi Langit, sebuah tempat surga buat pecinta makanan organik. Organik? Yap semua bahan makananan disini menggunakan hasil bertanam secara organik. Dan hasil panennya digunakan untuk kebutuhan di warung makan. 
Minuman yang wajib dicoba : Kombucha! Sejenis teh  yang sudah difermentasikan dengan menggunakan bakteri yang baik. Memiliki rasa yang manis, asem dan besoda. Sumpah ini seger banget.
Menu makanan disini unik-unik banget, salah satunya ada Spaghetti Desa dengan Tomato Sauce. Semacam mie yang dibuat dari ketela/singkong kemudian diberi bumbu tomat, rosemary, thyme, salt pepper dan keju parmesan. Seporsi spaghetti desa ini seharga 25.000.
Nah ini menu best seller nya! Nasi Goreng Kecombrang! Kalo ini bener-bener favorit dan wajib pesan. Nasi pecah kulit yang disaute dengan minyak kelapa, bumbu rempah, kecombrang, petai, ikan teri dan telur mata sapi. Seporsi nasi goreng ini dibandrol seharga 22.000. JUARA BANGET!
Buat penggemar mie lethek, boleh nih nyobain mie gorengnya bumi langit. Mie yang terbuat dari singkong ini bener-bener tasty banget dengan kombinasi gurih dan manisnya ciamik banget. Seporsi mie goreng ini dengan isian telur ayam kampung dan suwiran daging ayam kampung ditambah herb yang bikin jadi flavour full! Dibandrol seharga 20.000.
Di Bumi Langit juga ada roti desa semacam roti panggang yang terbuat dari sorghum. Disajikan bersama olesan selai yang dibikin sendiri seperti selai nanas, mulberry dan strawberry. Seporsi roti panggang dibandrol seharga 12.000, dan bisa juga kok pesan satu loyang buat dibawa pulang. Harga seloyangnya 35.000.
Lokasi Bumi Langit ada di Jalan Imogiri - Mangunan Km.3 Giriloyo Imogiri Bantul. Lebih jelasnya bisa klik map berikut >> Bumi Langit
MIE LETHEK KANG SUM
Spot selanjutnya! Mumpung masih di daerah imogiri kudu dijajal kuliner ndesonya Bantul : MIE LETHEK KANG SUM! Lokasinya berada di seberah pasar yang sudah runtuh akibat gempa dan gak jauh kok dari makam raja-raja Imogiri.
Buka mulai jam 5 sore ini Bapak Sumardiono aka Kang Sum ini menyajikan kuliner khas Bantul yang terbuat dari singkong. Pilihan menu ada mie lethek godog, mie lethek goreng, mie lethek magelangan dan proses masaknya masih menggunakan anglo arang bathok kelapa so harus sabar menunggu ya kalo lagi banyak pengunjung hehehe.
Mie lethek dengan isian suwiran ayam kampung, telor bebek dan bumbu-bumbu yang tasty banget ini sangat cocok ditemanin dengan segelas teh poci. Mantap banget! Seporsi mie lethek (godog/goreng) di bandrol seharga 10.000 saja, sedangkan teh pocinya seharga 4.000.  
SATE KLATAK PAK BARI 
Last stop! Sate Klatak Pak Bari. 
Daerah Imogiri memang surganya penikmat sate klatak alias sate yang terbuat dari daging kambing muda. Sepanjang jalan Imogiri Timur ini berjejer penjual sate klatak, tapi menurut saya yang wajib dicoba sate klataknya Pak Bari. 
Selain sate klatak juga ada menu lain seperti sate goreng, tongseng, dan tengkleng. Range harga menu disini antara 12.000 - 20.000 an.
Lokasi sate klatak Pak Bari ada di dalam pasar Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Buka mulai jam 7 malam hingga jam 12 malam. Lebih jelasnya bisa klik map lokasi berikut >> Sate Klatak Pak Bari
Happy Cholesterol Night! hahahaha... Enjoy Jogja!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Mie Ayam Favorit Di Jogjakarta!

1. MIE AYAM BANGKA PAK APO

Sangat sulit emang mencari kuliner mie ayam bangka di Jogjakarta yang bener bener enak. Namanya Mie Ayam Bangka Pak Apo. Mie ayam ini khas dari bangka, yang membedakan dari mie ayam pada umumnya ialah adanya tambahan tauge rebus. Tauge nya ini menambah sensasi krenyes ketika memakan mie ini. Dari segi rasa, mie nya lembut dan kenyal. Kaldunya pun terasa sekali, nendang banget!Harus banget warung ini dimasukin di list kuliner kalian ya.

Spot Kulineran Pagi Ter-Favorit Di Jogja!

 WARUNG BRONGKOS HANDAYANIWarung Handayani buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore ini sudah lama berdiri sejak tahun 1975. Menu sego brongkos di warung ini ada brongkos koyor yang isianya pake daging sapi dan gajih sapi, dan ada juga brongkos telur yang isianya pake telur bebek yang sudah diungkep. Spot wajib banget buat sarapan pagi!Lokasi Brongkos Handayani ada di Jalan Gading No.2 sebelah Alun-Alun Selatan Jogjakarta. Lebih jelasnya bisa klik map berikut ini >> Lokasi Brongkos Handayani

Roaster And Bear | @roasterandbear

Namanya Roaster and Bear, ini coffeeshop pendatang baru yang lagi ngehits banget di Jogjakarta. Roaster and Bear ini sangat memperhatikan setiap detil interior ruangan. Perpaduan antara kayu dan besi plus ornamen-ornamen aksesoris pelengkap membuat interior ruangan seakan menjadi vintage / klasik. Cocok banget nih tempat buat foto-foto selfie, nge-date ama patjar or meeting bareng klien. Benar-benar instagenik abis nih tempat! *two thumbs up*