Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2017

Sate Kere Legendaris Mbah Suwarni Pasar Beringharjo Jogjakarta

Kulineran di Pasar Beringharjo banyak banget gaes varianya, ada pecel, soto, ramesan, gudeg, dll. Tapi gaes ada yang unik tiap kali kalo saya melewati pintu masuk pasar yang sisi sebelah selatan. Banyak asap mengepul pekat dengan aroma yang bikin perut laper. Boomm! Ini dia gaes Sate Kere Mbah Suwarni :)

Buat kalian yang belum tahu sate kere itu apaan dan dari bahan apa, ya sebenarnya sate kere itu terbuat dari gajih sapi yang kemudian diberi bumbu rempah dan kecap yang kemudian dibakar diatas arang api. WUSSSSS! 

Begitu dikunyah sate kere ini memiliki tekstur kenyel-kenyel gimana gitu gaes. Rasa gurih dan manis mendominasi di lidah dengan aroma bakar yang begitu kuat. Kalo aku sih suka banget sate kere yang agak gosong dikit :) Nagih bangettt....! 


Selain sate kere ada juga sate daging sapi, sate ati ampela, sate kulit dan sate bakso. Untuk harga dibandrol Rp. 2000 - 4500 per tusuknya. Gak heran kalo tiap hari sate kere bikinan Mbah Suwarni ini selalu rame pembeli. Mantap jiwa!
Wajib mam…

Jajanan Favorit Sepanjang Masa : KUE LEKER!

Kue Leker! Jajanan satu ini emang favorit banget ya gaes, jaman masih sekolah TK sampai lulus kuliah pun bentuk dan isinya tetep gak berubah :) 

Sekarang banyak banget varian kue leker yang transformasi ke bentuk yang lebih moderen dengan isian yang lebih gaul seperti nutella, ovomaltine, matcha, toblerone, dll. Tapi ya tetep gaes yang leker tradisional aka jadul lebih ngangenin banget. Ada unsur semacam nostalgianya :") 


Uniknya nih gaes, kue leker buatan Pak Sukiyo ini menggunakan arang sebagai komponen memasaknya. Aromanya beda banget!

Pertama-tama adonan cair leker "dileletin" ke wajan kecil, lalu nunggu beberapa saat sampai agak kekuningan mulai dimasukan isian berupa pisang kepok manis, gula pasir dan susu kental manis coklat.


Setelah isian leker dimasukkan, kemudian ditutup hingga benar-benar matang dan mengeuarkan aroma yang wangi :)


Kemudian dilipat, angkat dan siap untuk di sikatttt! Ughhhh...
Seporsi kue leker Pak Sukiyo ini dibandrol seharga Rp.2000 saja gaes. Var…

Bakso Kerikil Cuma Rp.5,000! Ramenya Mantap Jiwa...

Akhirnya! Rasa penasaran terjawab sudah :) Tiap kali lewat Jalan Magelang tepatnya depan kantor KPU Jogja, selalu melihat keramaian yang mengular pada jam 4 sorean. Ternyata oh ternyata! Bakso kerikil gaes biang keramaianya :)

Buka jam 4 sore, gerobak mungil satu ini sudah langsung diserbu pelanggan-pelanggan yang sudah kelaparan pengen nyemil bakso kerikil atau yang penasaran pengen liat baksonya seperti apaan. Termasuk saya -_-

Yap ini dia! Seporsi bakso kerikil isianya seru juga gaes. Selain bakso yang mungil-mungil itu, juga ada tahu goreng, mie kuning, bihun, dan taburan daun bawang. baru deh disiram dengan kuah kaldu yang panas! Booommm...

Dari segi rasa bakso satu ini terbilang cocok banget dilidah dengan taste gurih segar dan tekstur bakso yang kenyal dan empuk. Kuah baksonya sendiri cukup tasty dan menyegarkan banget. Gak heran kalo rame banget, lah seporsi nya cuma 5000 saja :)

Ternyata gak cuma baksonya yang berbentuk kerikil gaes, tapi bakso gorengnya juga berbentuk kecil-keci…

Nikmatnya Lupis Buatan Mbah Satinem

Nah ini dia gaes! Salah satu jajanan lupis terlegendaris di Jogjakarta. Nama penjualnya adalah Mbah Satinem, sudah berjualan sejak tahun 1963! luar biasa...

Menikmati Kesegaran Es Dawet Pak Bardi Di Bawah Pohon Beringin

ES DAWET PAK BARDI! Ini dia es dawet yang paling dicari-cari. Meski deket banget ama rumah saya, tapi baru tahu dari temen yang sudah mencoba duluan :) Es dawet ini sering disebut sebagai "es dawet sor ringin" karena lokasi jualanya yang berada di bawah pohon beringin besar pas di pertigaan Jalan Sambiroto, Purwomartani, Kalasan